10 Daftar Aplikasi Akuntansi Terbaik Untuk Kelola Bisnis

Sebagai pebisnis kamu enggak mau dong bisnis kamu merugi karena kurang teliti dalam melakukan pencatatan keuangan?

Ada enggak sih software yang memudahkannya? Ya, ada dong. Namanya software akunting atau akuntansi.

Jadi, Software akuntansi adalah suatu program atau aplikasi yang dikhususkan dan dirancang untuk memudahkan kamu dalam pencatatan transaksi usaha.

Mungkin dulu kamu masih menggunakan aplikasi akuntansi excel yang dilakukan secara manual. Tapi, saat ini sudah tersedia aplikasi akuntansi online untuk memudahkan kamu agar kamu tidak usah menyusun laporan akuntansi secara manual lagi.

Biasanya software laporan keuangan ini bisa kamu dapatkan melalui perangkat android dan ada yang berbasis cloud juga

Daftar Aplikasi Akunting Untuk Usaha

Nah, ini dia aku kasih tahu 10 daftar software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan yang bisa kamu gunakan untuk bisnis kamu.

1. Jurnal by Mekari

Aplikasi akuntansi dari Mekari ini adalah aplikasi yang sifatnya online sehingga data hasil pembukuan bisa dipantau dari mana saja dan kapan saja. Aplikasi pembukuan ini juga sudah terintegrasi dengan pencatatan keuangan, neraca laba rugi dan arus kas sehingga lebih memudahkan kita selaku pemilik usaha untuk sekadar mengetahui ataupun menganalisa kondisi keuangan dari perusahaan secara real time.

Ada berbagai fitur penting yang dimiliki oleh aplikasi pembukuan dari jurnal.id ini diantaranya adalah General ledger yang merupakan dokumen utama dari pencatatan keuangan yang ada karena isinya adalah laporan dari semua jurnal keuangan yang ada. Di aplikasi pembukuan dari jurnal.id by mekari general ledger tersusun secara sistematis dan terperinci. Lewat general ledger ini kemudian akan diketahui neraca keuangan dari perusahaan apakah memperoleh laba ataukah mengalami kerugian.

Ada juga fitur neraca saldo yang akan secara otomatis melampirkan transaksi pembukuan. Fitur lain yang juga sangat penting keberadaanya adalah pencatatn jurnal yang isinya pembukuan pendapatan yang diperoleh, beban usaha dan lain sebagainya. Pelaku usaha juga bisa memanfaatkan salah satu fitur berguna lainnya dari aplikasi pembukuan jurnal yakni lampiran transaksi digital sebagai bukti dari transaksi yang telah dilakukan.

2. Freshbooks

Aplikasi Akunting yang pertama ada Freshbooks. Software akuntansi berbasis cloud ini berasal dari Kanada dan penggunaannya cukup mudah.

Pada aplikasi ini juga tersedia fitur pelacakan pendapatan secara otomatis. Selain itu, software freshbooks juga dapat mengatur faktur pajak untuk semua project. Ditambah melayani invoice, time tracking, pengeluaran, sampai reporting (laporan).

3. Wave

Selanjutnya, ada software akuntansi online dari Amerika Serikat yaitu Wave. Fitur yang disediakan oleh software keuangan perusahaan cukup lengkap. Fitur yang bisa kamu coba seperti melakukan pengiriman invoice sampai pembuatan kwitansi online.

Kelebihan dari aplikasi wave accounting adalah kamu tidak perlu menginstall software dan kekurangannya adalah tidak ada fitur untuk stok dan inventory manajemen barang. Sayangnya software akuntansi wave tidak dapat digunakan di Indonesia karena ada beberapa fitur yang tidak dapat diakses disini.

4. Akuntansi UKM – Money Manager

Aplikasi akuntansi android Akuntansi UKM – money manager bisa kamu gunakan sebagai aplikasi catatan penjualan usaha kecil. Kenapa? karena aplikasi aplikasi laporan pencatatan keuangan ini ditunjukkan untuk kamu gunakan secara pribadi atau bisnis.

Dan Akuntansi UKM – money manager merupakan aplikasi akuntansi gratis dengan fitur yang cukup lengkap seperti semua transaksi keuangan usaha dicatat dan tidak ada batasan periodenya. Lagi pula, software akuntansi terbaik android ini bisa kamu gunakan secara offline.

5. Quickbooks

Software pembukuan berikutnya adalah Quickbooks. Dengan software ini kamu dapat membuat faktur beserta lampiran foto.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan catatan untuk faktur dan transaksi yang bertujuan untuk membuat laporan keuangan seperti laporan penjualan, laporan laba rugi, neraca, dan sebagainya.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah kamu sebagai pengguna bisa mengelompokkan transaksi pendapatan dan dari situ kamu bisa membuat laporan laba rugi sesuai dengan kelompoknya.

Untuk mengaksesnya cukup mudah tinggal menggunakan tablet android ataupun komputer asalkan ada jaringan internet.

6. Jubelio

Terakhir, software akunting dari Jubelio omnichannel. Aplikasi akuntansi keuangan Jubelio menyediakan banyak fitur dimana semuanya sudah terintegrasi dengan semua channel penjualan kamu.

Misalnya nih kamu jualan offline dan online seperti webstore atau marketplace, kamu udah enggak perlu repot bikin pencatatan pembukuan dan enggak perlu satu-satu buat laporan keuangannya karena sudah dilakukan secara otomatis.

Karena kamu hanya kelola dalam satu sistem dashboard aja. Fitur yang ada di aplikasi akunting ini seperti pembuatan faktur, pencatatan biaya, jurnal otomatis, dan pelacakan inventory barang.

Ditambah lagi, pada fitur akunting ini udah terhubung pula dengan stok barang, sistem pergudangan, sampai Jubelio POS.

7. Omegasoft

Dulunya bernama omega accounting, software akuntansi yang satu ini merebranding nama mereka menjadi omegasoft. Menjadi salah satu software akuntansi terbaik di Indonesia, Omegasoft dibekali dengan fitur penyimpanan cloud yang berarti kita bisa mengakses data dengan cara real-time. Omegasoft juga memberikan fitur integrase dengan sistem kasir yang bisa digunakan untuk usaha kecil dan menengah.

Kelebihan Omegasoft:

  • Sangat cocok untuk usaha kecil dan menengah dengan diberikan fasilitas sistem kasir terpadu.
  • Fitur akuntansi yang sangat lengkap mulai dari stok gudang hingga laporan keuangan.
  • Sistem penyimpanan data dengan teknologi cloud yang bisa menyimpan data dengan jumlah yang sangat banyak dan tentunya aman.

8. Software Akuntansi SQL Ledger

Jika anda menjalankan sebuah Lembaga non-profit, salah satu software akuntansi yang bisa anda gunakan adalah software akuntansi gratis bernama SQL Ledger. Software ini merupakan sebuah software akuntansi yang sangat baik untuk usaha kecil, menengah, dan juga perusahaan non-profit. Software ini sangat lengkap dan memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan dengan gratis. Namun, anda perlu mempelajarinya sendiri karena software ini adalah software open-source yang berarti semua orang bisa mengembangkan software ini.

Kelebihan Software Akuntansi SQL Ledger:

  • Software open-source gratis yang bisa digunakan tanpa pembatasan fitur.
  • Memiliki fitur yang sangat lengkap yang bahkan dimiliki oleh software premium.
  • Komunitas yang solid, karena biasanya software open source memiliki komunitas yang sangat supportive.
  • Sangat cocok untuk usaha kecil, menengah, dan juga non-profit yang masih belum punya anggaran untuk membeli software akuntansi premium.

9. Netsuite

Satu lagi pilihan aplikasi keuangan untuk seluruh kaum profesional yang selalu berkutat dengan dunia keuangan dan akuntansi yaitu Netsuite. Perangkat lunak Netsuite ini pada dasarnya merupakan suatu layanan software yang juga membantu penggunanya untuk melakukan pengelolaan keuangan. Selain itu aplikasi ini juga akan membantu Anda untuk mengoperasikan perhitungan keuangan sehingga semakin mudah dilakukan.

Tentunya aplikasi ini sangat membantu kelancaran bisnis terutama dlaam hal pengelolaan keuangan bisnis. Para pebisnis baik pebisnis pemula maupun pebisnis profesional yang sudah lama menjalankan bisnisnya bisa memilih software ini untuk keperluan perhitungan keuangan. Tidak hanya bisnis kecil saja namun rupanya software ini juga bisa digunakan oleh perusahaan besar.

10. Kashoo

Terakhir turut direkomendasikan pula aplikasi keuangan atau pembukuan yang juga sangat berguna bagi Anda yaitu Kashoo. Aplikasi pembukuan Kashoo ini bisa dibilang sangat mudah untuk dioperasikan jika dibandingkan dengan aplikasi atau perangkat lunak keuangan lainnya. Bahkan penggunanya bisa mengoperasikannya di website serta di smartphone.

Untuk menggunakan aplikasi ini rupanya Anda bisa mempelajari caranya. Mempelajari cara pengoperasian aplikasi Kashoo bisa didapatkan misalnya melalui sebuah webinar. Memang sampai dengan sekarang ini perangkat lunak Kashoo sudah sering melakukan komunikasi. Terutama komunikasi yang dilakukan melalui web seminar sehingga siapa saja bisa mempelajarinya sekalipun hanya via online. Tentu hal ini sangat membantu para pengguna aplikasi Kashoo.

Nah, sebagai pebisnis kamu harus bisa memilih aplikasi akuntansi terbaik untuk bisnis kamu agar semua proses pencatatan dan laporan keuangan dapat dilakukan secara tepat.

Leave a Comment