Laptop Ultimate untuk Para Content Creator Keren : ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582)

Bekerja menggunakan dua layar memang sudah dilakukan oleh banyak orang, khususnya para content creator. Menggunakan layar tambahan memang dapat menghadirkan lebih mendatangkan banyak manfaat terutama dalam hal peningkatan produktivitas.

Aplikasi kreatif yang biasa digunakan oleh para content creator rata-rata memiliki fitur yang sangat banyak hingga satu layar tidak bisa menampilkan antarmuka untuk fitur-fiturnya. Untuk itulah, penggunaan dua layar menjadi solusi yang paling tepat. Pertanyaannya, bagaimana jika Anda adalah seorang content creator profesional yang sedang mengerjakan proyek yang mengharuskan Anda untuk bekerja secara mobile? Laptop biasa tentu tidak bisa menajadi solusi yang tepat.

ASUS sebenarnya telah memiliki solusi akan keterbatasan laptop yang hanya memiliki satu layar. Solusi yang ditawarkan tentu saja dengan menghadirkan layar kedua di laptopnya. Namun sejarah mengatakan, banyak produsen laptop yang telah berusaha menghadirkan layar kedua bahkan layar ketiga di sebuah laptop. Sayangnya, menghadirkan sistem layar ganda pada sebuah laptop dengan cara yang tepat sangat sulit dilakukan hingga lini ZenBook Pro Duo 15 pertama kali muncul.

Lini laptop yang ditujukan untuk para content creator profesional tersebut tidak hanay dibekali dengan spesifikasi hardware yang mumpuni tetapi juga sebuah layar kedua bernama ScreenPad Plus. Layar kedua tersebut adalah senjata yang dapat membuat para content creator untuk lebih produktif di manapun dan kapanpun.

Pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2019, kini generasi terbaru ZenBook Pro Duo 15 yang memiliki nama lengkap ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) sudah tersedia di Indonesia. Sama seperti pendahulunya, laptop ini masih mengedepankan pengalaman penggunaan dua layar yang dinilai sangat dibutuhkan oleh banyak orang, khususnya para content creator profesional. Tidak hanya itu, ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) juga dibekali dengan spesifikasi serta teknologi terkini untuk memebarikan pengalaman penggunaan terbaik.

Desain yang Telah Berevolusi

ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) kini hadir dengan desain yang telah berevolusi dari pendahulunya. Kali ini ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) tidak hanya dilengkapi dengan fitur ErgoLift Hinge, tetapi juga sistem pendingin AAS+ yang diadopsi dari lini laptop gaming ROG. Keduanya membuat ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) dapat tampil dengan performa yang lebih baik, lebih optimal, serta lebih nyaman digunakan.

Berangkat dari desain bodinya, ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) menggunakan kombinasi bodi berbahan magnesium aluminium alloy serta aluminium alloy dengan balutan warna Celestial Blue yang elegan. Bagian belakang layarnya masih dilengkapi dengan desain Spun Metal Finish khas ZenBook yang memberikan kesan mewah serta eksklusif. Tidak hanya itu, ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) juga tampil lebih ringkas dan ringan dari pendahulunya dengan bobot 100 gram lebih ringan serta 2,5mm lebih tipis.

ScreenPad Plus yang merupakan layar kedua masih menjadi fitur primadona di ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582). Berbeda dengan pendahulunya, ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) kini menggunakan fitur Active Aerodynamic System Plus (AAS+) yang memungkinkan ScreenPad Plus untuk terangkat dan membentuk sudut 9,5°.

Ada dua keuntungan utama dari sistem AAS+ ini. Mekanisme yang membuat ScreenPad Plus terangkat membuat layar kedua tersebut menjadi lebih mudah dan nyaman dilihat oleh penggunanya. Selain itu, ScreenPad Plus yang terangkat juga memberikan rongga udara ekstra bagi sistem pendingin ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582). Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana durabilitas engsel pada sistem AAS+ tersebut?

Engsel yang digunakan di ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) hadir dengan desain khusus yang menggabungkan tiga struktur ke dalam sebuah ensgel. Engsel tersebut menggunakan bahan zinc alloy yang sangat tangguh dan didesain sangat fleksibel. Engsel khusus ini memungkinkan ScreenPad Plus dapat langsung terangkat secara otomatis saat layar utama ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) dibuka. Engsel ini juga yang membuat ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) dapat tampil lebih tipis dari pendahulunya.

Sistem Pendingin Lebih Baik

Tidak hanya sekadar mengangkat ScreenPad Plus, AAS+ juga merupakan fitur utama pada sistem pendingin di ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582). Saat ScreenPad Plus terangkat, AAS+ dapat menghasilkan rongga udara ekstra yang mampu meningkatkan aliran udara hingga 36% secara keseluruhan. AAS+ dapat menjaga performa ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) tetap selalu stabil dan optimal.

AAS+ di ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) terhubung langsung dengan sistem pendingin utama yang terletak di dalam bodinya. Sistem pendingin utama ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) ditenagai oleh dua kipas dengan dua jalur pembuangan udara. Dua kipas di ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) masing-masing kini memiliki 97 bilah, jauh lebih banyak dari 71 bilah pada generasi sebelumnya sehingga dapat mengalirkan udara secara lebih baik.

Enam heatpipe membentang dan menghubungkan berbagai komponen penting seperti CPU, GPU, dan VRM dengan heatsink yang berada di dekat kipas. Heatpipe tersebut berfungsi sebagai penyalur panas sehingga ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) dapat selalu beroperasi secara optimal meski saat sedang memproses beban kerja yang berat.

ASUS juga memasang G-sensor di ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582). Sensor tersebut secara otomatis mendeteksi sudut buka dari layar laptop dan mengatur performanya. Ketika layar terbuka dengan sudut di bawah 80°, sensor akan memberikan informasi sehingga sistem dapat membatasi performa secara keseluruhan. Hal tersebut dilakukan agar komponen di dalam ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) tidak mengalami overheat akibat aliran udara yang tidak optimal.

ScreenPad Plus, Senjata Content Creator Agar Lebih Produktif

ScreenPad Plus di ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) bukan hanya tampil sebagai layar kedua yang dapat digunakan untuk menampilkan aplikasi yang sedang dijalankan. ASUS juga membekali ScreenPad Plus dengan software khusus bernama ScreenXpert 2.0 yang memiliki beragam fungsi untuk menunjang produktivitas penggunanya.

Perbedaan ScreenXpert 2.0 dibandingkan dengan generasi sebelumnya adalah antarmukanya yang kini lebih mudah digunakan. Sistem antarmukanya juga didesain layaknya yang ada di samrtphone sehingga penggunanya dapat menyesuaikan diri dengan sangat cepat.

Keunggulan utama yang ditwarkan oleh ScreenXpert 2.0 kali ini adalah adanya fitur Control Panel. Bekerjasama dengan Adobe, ASUS menghadirkan panel kontrol virtual khusus untuk empat aplikasi kreatif Adobe yang populer, yaitu Photoshop, Lightroom, After Effect, dan Premiere Pro. Saat empat aplikasi tersebut dijalankan, Control Panel yang ada di ScreenXpert 2.0 akan langsung diaktifkan dan menyajikan berbagai antarmuka kontrol yang terhubung langsung dengan aplikasi Adobe yang sedang dijalankan. Para content creator juga dapat melakukan kustomisasi terhadap Control Panel dengan memilih jenis antarmuka kontrolnya, serta mengatur fungsinya.

Bagi yang senang menggunakan touchpad berukuran besar, ScreenPad Plus di ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) juga dapat dialihfungsikan menjadi touchpad raksasa. Untuk mengaktifkan fungsi ini, cukup mengetuk layar ScreenPad Plus menggunakan tiga jari dan layar kedua tersebut langsung berubah menjadi touchpad.

ASUS OLED untuk Para Kreator

ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) merupakan salah satu laptop yang ditenagai oleh ASUS OLED, yaitu teknologi layar komperhensif dari ASUS. Teknologi layar yang mengadopsi panel OLED tersebut dirancang khusus untuk para content creator profesional dan mampu menampilkan visual yang tidak hanya kaya akan warna tetapi juga sangat akurat.

ASUS OLED di layar utama ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) mampu mereproduksi warna hingga 100% pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133% sRGB. Artinya, ASUS OLED dapat menampilkan warna yang lebih tajam dan kaya dengan rasio kontras hingga 1.000.000:1. Tidak hanya itu, ASUS OLED juga dapat mereproduksi warna secara akurat dan telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display.

Sertifikasi lain juga sudah dikantongi oleh ASUS OLED, menandakan bahwa teknologi layar terbaru dari ASUS ini memang sangat berkualitas. Sertifikasi tersebut antara lain adalah VESA DisplayHDR yang menegaskan bahwa ASUS OLED telah mendukung penggunaan teknologi HDR, serta sertifikasi anti-flicker dan low-blue light dari TÜV Rheinland.

Berbicara mengenai sertifikasi low-blue light dari TÜV Rheinland pada ASUS OLED, sertifikasi tersebut menandakan bahwa layar ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) lebih aman untuk kesehatan mata. ASUS OLED memiliki teknologi yang membuat emisi cahaya biru dapat dikurangi secara signifikan tanpa mengorbankan kualitas warna yang ditampilkan. Emisi cahaya biru merupakan salah satu penyebab kerusakan permanen pada mata. Emisi cahaya biru biasanya dikurangi melalui mode malam (night mode) namun hal tersebut membuat kualitas warna menurun dan tidak cocok untuk para content creator.

 

Powerful untuk Semua Kebutuhan

Meksi mengusung bodi yang tergolong ringkas untuk sebual laptop profesional 15 inci dengan dua layar, ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) tetap ditenagai oleh hardware yang powerful. Laptop yang ditujukan untuk para content creator profesional ini ditenagai oleh High Performance 10th Gen Intel Core Processor dengan varian tertingginya menggunakan Intel Core i9-10980HK yang memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread.

Prosesor tersebut tidak sendirian, ia ditemani oleh chip grafis terbaru NVIDIA GeForce RTX 3070. Chip grafis yang dibangun dari arsitektur Ampere tersebut tealh ditenagai dengan CUDA core, RT core, Tensor core, dan streaming processor terbaru yang memungkinkan teknologi grafis terkini seperti RTX realtime-ray tracing serta NVIDIA DLSS 2.0 dapat berjalan di ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582). Chip grafis tersebut juga mendukung NVIDIA Studio Driver yang dirancang khusus untuk para content creator dan kompatibel dengan berbagai aplikasi kreatif modern.

Di lini memori, ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) dibekali RAM DDR4 berkapasitas 32GB sehingga cocok untuk multitasking serta menjalankan aplikasi yang membutuhkan ruang memori besar. Sementara penyimpanannya sudah didukung oleh M.2 NVMe PCIe SSD 3.0 berkapasitas 1TB.

Berikut adalah hasil benchmark performa ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) yang menggunakan prosesor Intel Core i9-10980HK, chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3070, RAM 32GB, dan SSD 1TB:

Konektivitas Lengkap dan Modern

ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) dirancang khusus untuk para content creator profesional. Untuk itulah ASUS menghadirkan dua port Thunderbolt 3 dengan interface USB Type-C di laptop ini. Port Thunderbolt 3 hadir dengan kecepatan transfer data tinggi sehingga cocok digunakan untuk menghubungkan perangkat eksternal berperforma tinggi. Para content creator adalah segmen pengguna yang banyak memanfaatkan konektivitas kencang Thunderbolt 3. Berbagai perangkat yang sering dihubungkan mulai dari penyimpanan serta fasilitas transfer data berkecepatan tinggi, hingga network adapter berperforma tinggi. Bagi para content creator yang masih membutuhkan layar ekstra, Thunderbolt 3 di ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) juga dapat digunakan untuk menhubungkan monitor beresolusi tinggi.

Fasilitas konektivitas modern lain yang ada di ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) adalah WiFi 6. Teknologi WiFi generasi terbaru tersebut memiliki kecepatan transfer data yang lebih baik dari pendahulunya. ASUS bahkan menyematkan teknologi WiFi Master ke dalam laptop ini dan membuat ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) dapat memilih access point dengan sinyal paling kuat serta stabil secara otomatis. Dengan demikian, ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) dapat selalu terhubung ke jaringan nirkabel dengan kualitas sinyal terbaik.

Dirancang untuk Berkolaborasi

ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) merupakan laptop modern yang akan memudahkan penggunanya dalam melakukan kolaborasi. Laptop khusus untuk kreator ini telah dilengkapi dengan kamera yang dilengkapi dengan fitur facial recognition dan terhubung dengan fitur Windows Hello. Kamera tersebut juga dilengkapi dengan IR Camera Algorithm yang dapat membuat penggunanya tetap jelas terlihat saat video conference di berbagai situasi pencahayaan.

Fitur lainnya yang membuat pengguna ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) lebih mudah berkolaborasi adalah AI Noise Cancelling. Fitur ini memungkinkan pengguna ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) dapat meredam suara bising dari lawan bicaranya sehingga suara lawan bicara akan selalu terdengar jelas saat melakukan online conference. Selain itu, suara bising di sekitar pengguna juga dapat diredam secara aktif sehingga lawan bicara akan selalu dapat mendengar suara pengguna ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) secara jelas. Hebatnya lagi, fitur ini juga kompatibel dengan mikrofon eksternal yang dapat dihubungkan ke ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582).

Di Indonesia, ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) dipasarkan di harga mulai dari Rp40.362.628. Informasi lebih lanjut dapat disimak di https://id.store.asus.com/zenbook-pro-duo-15-oled-ux582-zenbook-pro-duo-15-oled-ux582.html.